Langsung ke konten utama

CHAMBER (3)


3.
Ulang Tahun Mapalaku

Setelah pertemuan di goa Bekah Jogja itu, seingat ku tidak ada komunikasi lanjut antara aku dengan nya (Noval). Kami memang tidak bertukar nomor telfon, aku sempat stalking FB nya si hahaha ketemu tapi ya gitu cuma tau aja gak mau nge add duluan, malu, takut di kira mau sok dekat atau apa padahal mah cuman penasaran aja si.

Ahir November 2014, ada sebuah acara sukuran merayakan hari jadi mapala ku. Ulang tahunnya si sebenarnya jatuh tanggal 5 Desember, tapi se ingat ku waktu itu acaranya di adakan lebih dulu masih November kalo gak salah. Saat itu aku mengontak beberapa sahabat dari berbagai mapala terutama Solo dan Jogja karna memang kebanyakan teman teman dekat ku berasal dari area itu. Saat itu salah satunya aku kontak Riyan MAHAMERU yang kemarin masuk goa Bekah bareng.

“ Yan, datang lho ya
ke acara ulang tahunnya WAPALHI “ chat ku ke Riyan. Ngomong ngomong wapalhi adalah nama organisasi mapala yang aku ikuti pas jaman kuliah.
“ gak janji ya, tapi insyaallah di usahakan” jawab nya
“ oh iya, ajakin Noval juga ya”
“ kenapa gak chat sendiri aja”
“gak ada kontak nya aku”
“sama sekalian aku mau minta foto nya yang dari kamera dia, bawain file foto nya sekalian ya “
“ iya coba nanti aku chat noval, semoga dia gak ada acara dan mau datang ya”
“ oke deh broo, makasi “

Waktu itu memang aku belum sempat mindah file dari kamera Noval yang kami gunakan untuk foto foto di gua Bekah, jadi sekalian aja semisal dia bisa datang aku minta file nya.

Sehabis chat itu gak ada lagi follow up dari ku apakah mereka jadi atau bisa datang enggak, karna memang aku sibuk mengontak kawan kawan dari mapala lain nya. Dan dimalam acara berlangsung saat itu aku sibuk mengobrol dengan kawan kawan yang sudah datang lebih dulu, dari meja tamu Riyan nyapa sambil senyum nyengir.

“aku datang kan” katanya sambil ngulurin tangan buat ku jabat
“hahahah makasih brooo “ jawab ku balas jabat tangannya
“tu aku bawain pesanan mu” jawab nya sambil nunjuk pake muka ke arah belakang nya.
Aku masih loading dan kurang paham apa maksud nya, ngelihat ke arah yang dia tunjukkan pake muka juga gak ada apa apa. “ ha ?” tanyaku agak bingung.
“ itu pesanan mu, aku ajakin Noval datang juga “

Ternyata aku lihat Noval setelah orang yang ada di depannya entah siapa waktu itu bergeser dan pindah tempat. Kusapa dia yang lagi duduk di pojokan sembari ngerokok.

“hay “ sapa ku.

Malam itu menurut ku Noval terlihat cool banget, di tengah kegaduhan dan keakraban satu sama lain. Dia duduk di pojokan belakang meja resepsionis, diatas meja yang terbuat dari semen yang biasa ibu kantin gunakan untuk menaruh dagangannya, (Iya, ini acara sukuran di adakan di kantin kampus jurusan ku) Jaket hitam yang dia kenakan terlihat agak kebesaran, dia duduk sendirian tidak berusaha mengajak ngobrol seorang pun yang ada disana, anteng dan menikmati sebatang rokok yang kulihat masih panjang, sepertinya memang barusan di nyalakan. Entah lah, sepertinya aku merasa pandangan ku hanya tertuju padanya.

“hey “ jawab nya.
“wah, makasi ya udah datang”
“iya di ajakin Riyan tadi”
“fotonya di bawa kan, aku mau copy foto yang dari kameramu, kemaren belum sempet”
“iya aku  bawa kok”
“kesana yuk, gabung sama yang lain”
“bentar nanti aku nyusul, ini nge habisin sebatang rokok dulu”
“oke deh, ntar nyusul kesana ya” kataku sambil lalu meningal kan nya. Sebenarnya si pengen ngomong agak panjangan ya, tapi banyak kawan kawan yang kebetulan aku undang dan bisa datang malam itu, jadi aku harus bertanggung jawab dan tidak menelantarkan kehadiran mereka semua.

Noval kemudian bergabung dengan Riyan yang sudah mencari tempat duduk duluan, bergabung dengan rombongan yang datang dari Jogja. Sedang aku masi mondar mandir ke sana sini sambil sesekali mencuri pandang ke mereka berharap mereka tidak bosan dan menikmati acara yang sedang berlangsung.

***
Acara malam itu berahir sekitar pukul sepuluh malam, tamu tamu dari mapala tetangga maupun mapala yang dari luar kota mulai satu persatu berpamitan untuk pulang. Sedangkan rombongan Riyan yang waktu itu isinya Wildan adik tingkat nya, Laelatul pacar adik tingkat ku dan Noval aku ajak berpindah  ke basecamp. Sebenarnya ini sudah seperti ritual atau kebiasaan ketika ada tamu dari luar kota untuk di tahan selama lamanya, bukan karna ini tamu nya Noval lho ya, eh gak tau juga ding hahahah.

Semalaman kita duduk bareng di atas tikar di area parkir PKM (Pusat Kegiatan Mahasiswa ), yang jelas sehabis minjam memory card nya untuk ku Copy foto foto dibekah. Bukan hanya ber 5 tapi malam itu basecamp sangat ramai, oleh anggota kami sendiri maupun kawan kawan luar kota yang memilih beristirahat dulu.  Aku duduk persis di sebelah nya, tapi dia jarang sekali ngomong, banyakan jadi pendengar aja walhasil aku malahan banyak ngomong nya sama orang orang  lain di dekat ku.

Tiba tiba dia mulai pembiacaraan, nanya ke aku pernah naik ke gunung ini apa belum, entah lah waktu itu gunung apa yang dia sebutkan, yang jelas malam itu kita nge bahas soal pendakian.  Aku senang mendengarkan dia bicara dan bercerita, anteng aja gitu aku nya. Suaranya bagus kalo di lihat lihat dari dekat gini lumayan ganteng, kalo pas di gua itu kan minim penerangan ya kalo disini lebih terlihat jelas walaupun malam hari. Sepertinya aku mengabaikan semua percakapan yang lain, aku hanya fokus pada apa yang dia ceritakan. Sampe suara takmir masjid yang tiba tiba memecah keasikan ku mendengar ceritanya karna berseru ke rombongan kami untuk tidak berisik karna sudah subuh. Ternyata sudah subuh.

Aaaaah jangan subuh dulu lah gerutuku dalam hati, kalau habis ini matahari terbit berarti mereka harus pulang dan aku gak tau kapan dan dengan alasan apalagi aku dapat bertemu dengan Riyan dan kawan kawan, dengan Noval khususnya. Tpi waktu mengabaikan ku dan tetap berjalan sebagaimana mustinya.

“aku pamit dulu ya Sem “ kata Riyan, Sem dari kata Balsem karna namaku Balsem.
“aaah jangan pulang dulu lah” kata ku
“heheh gak bisa musti pulang ini”
“kalian belom tidur sama sekali lho”
“iya si, gimana ini ?” tanya Riyan ke Wildan.
“bahaya lho kalo berkendara jauh tapi belom tidur, ntar ngantuk di jalan repot “ aku masih berusaha merayu mereka agar lebih lama di Semarang.
“sepertinya gak bisa mbak, karna nanti jam 10 aku ada presentasi kuliah “ jawab Wildan.
“yakin ini gak bisa agak lama an lagi, nanti siang gitu”
“iya gak bisa”
“Val, kamu di sini dulu kan” tanya ku ke Noval 
“Emmb aku ikut mereka aja” Jawab Noval
“waaah maaf banget ini, lain kali aja ya, nanti main nya agak lamaan atau kalo gak nanti kamu aja yang main ke Jogja “ kata Riyan.
“ yaudah lah, ini karna kuliah ni, kalau engak gak bakalan aku bolehi balik dulu, udah Jauh jauh dari Jogja e” kata ku sambil pasrah karna memang mereka sudah tidak bisa tinggal lebih lama lagi.

Mereka semua bermaitan, Noval juga. Mereka kembali ke Jogja.
Dan aku sendiri gak tau kedepannya bakalan bertemu dengan mereka lagi dalam moment atau acara semacam apa. Tapi malam itu entah lah, aku suka menghabiskan malam dengan Noval.


bersambung,,,,













Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tentang sebuah Nama Rimba

Nama rimba adalah sebuah nama yang dimiliki hampir semua anak pecinta alam. Yang jelas gak ada nama yang bagus dikamus besar nama rimba, kalo gak aneh ya bukan nama rimba namanya. Gak segampang membalikkan tangan untuk mendapatkan nama rimba, ibarat seorang anak yang lahir kedunia yang harus ngejongkrok 9 bulan 10 hari dulu di dalam perut ibu dan ahirnya lahir kedunia dan di anugrai nama oleh kedua orang tua. Nama rimba pun kayak gitu, kita musti ikuan pendidikan dasar pecinta alam yang waktunya udah di tentuin sama panitia baru ketika kita di anggap layak untuk mendapat sebuah nama mereka akan memberikannya kepada kita, dan itu juga menjadikan arti bahwa kita telah menjadi sebuah bagian di antara mereka.

Wapalhi Prusic Competition

Wapalhi Prusic Competition merupakan Program kerja WAPALHI periode 2012-2013. Surat Tugas dari Kepala Suku WAPALHI Andi Purwanto W.10.586.NJ jatuh pada Aditya Bayu W.11.499.WA yang di percaya menjadi Ketua Pelaksana dalam program kerja ini.                          WPC yang kami adakan merupakan sebuah kompetisi yang menitik beratkan pada kemampuan metode penelusuran gua. Jauh sebelum di kenalnya metode SRT (Singgel  Rop Teknis) penelusuran gua masih menggunakan metode prusik. Dari sini kami menggangkat ini untuk di jadikan sebuah ajang kompetisi.  Lomba ini sendiri kami adakan di Wall Climbing POLINES pada tanggal 30-31 Maret 2013. Dengan cakupan peserta pelajar, mahasiswa dan masyarakat  se Jateng DIY.

Buah Cinta Anak Mapala

                                           Pacaran sesama anak mapala itu udah banyak, yang sampai nikah juga udah banyak. Nah loh yang namanya mapala paling terkenal konyol dan seenakke sendiri dan yang bakalan kena getahnya anak anaknya hehe. Salah satu yang pasti bakalan ngefek itu di nama mereka, kayak Eidelwis pasti itu bapak ibuknya mapala. Mahameru, ini pasti orang tuanya suka sama gunung mahameru. Ada juga waktu temenku naek merbabu dia ngeliat anak kecil usia 5th ikutan naik merbabu, gila tu anak pasti bapak ibuknya mapala kalo enggak gak bakalan tu di ijinin anak seusia itu naek gunung. Cerita punya cerita tu anak ngiri sama adiknya yang baru satu tahun udah naik merapi, karena ngeliat adiknya foto di puncak merapi si embak ngerengek minta di ajak naik gunung. Paraaah anak 1th dah diajakin naik gunug,wooy aku seusia itu masih belajar lari, ni anak udah sampai puncak merapi hebat hebat. Beneran ini efek dari bapak ibuknya yang mapala. Coba bapak ibuknya dokter keci